Tumbal Rumah 6 Penjuru arah
Baca Juga

Pengalaman Tambal Gigi Dipuskesmas Biaya Dan Rasanya Begini Tambal gigi adalah proses menambal gigi yang rusak,bolong,patah dengan bebagai bahan untuk menghindari kerusakan lebih parah,pembusukan gigi dan infeksi adapun bahanya diantaranya adalah dengan

Pengalaman Tambal Gigi Dipuskesmas Biaya Terbaru Dan Rasanya Begini Ternyata

Bahan Amalgram
Amalgram adalah salah satu jenis bahan yang sudah biasa digunakan untuk memperbaiki menambal gigi yang bahanya terbuat dari 3 komposisi  timah seng perak tembaga dan ditambah satu yaitu merkuri yang merkuri ini termasuk bahan yang berbahaya makanya para dokter jarang sekali yang menganjurkan dan menggunakan dengan bahan ini walaupun jenis tambalan ini termasuk bahan yang bertahan lama sampai bertahan 10 tahunan

Bahan Komposit Resin
Komposit resin adalah jenis bahan tambalan gigi yang terbuat dari campuran plastik dan kaca yang sangat halus yang bisa menyatu dengan warna gigi kita dan tergolong aman kuat dan tahan lama namun  untuk harga lebih mahal dari bahan lainya

Bahan Dari Emas Kuning
Bahaya yang ketga ini terbuat dari logam yang berwarna kuning mungkin  kalau kita sekarang menggunakan  yang emas kuning ini sangat jarang karena terlihat aneh kan..dulu saya melihat itu pada kakek saya,keunggulan dari bahan ini adalah awet tidak mudah rusak bisa bertahan sampai kira-kira 10 tahunan tapi harganya tergolong mahal berlipat-lipat dengan bahan yang lainya dan keuntunganya lagi kalau patah kita tidak punya uasng bisa kita jual,hee..hee

Bahan Porselen Dan Logam
Nah bahan yang terakhir inilah yang paling murah tapi juga aman  campuran logam dan porselen adalah yang bersabat dengan tubuh dan kantong kita,hee,kira-kira bahan ini akan bertahan sekitar 10 tahun maka pilihlah yang ini ya kalau kanthong pas-pasan

Nah tadi pagi setelah memilah dan memilih tempat dan bahan yang bagus untuk tambal gigi saya memutuskan untuk memileh tempat puskesmas boyolangu saja untuk tambal 2 gigi saya yang depan atas yang entah kenapa bolong mungkin karena dulu pernah sakit agak lama jadi mungki kurang perawatan,beberapa bulan yang lalu saya sempat coba tanya dipuskesmas mbeji kata bu dokternya bahanya buruk terbuat dari logam yang berwarna tidak sesuai dengan gigi,entah itu a;lasan atau jujur dan dia menganjurkan untuk kerumah sakit saja dengan menggunakan Bpjs padahal saya tidak punya Bpjs

Akhirnya pagi tadi saya pergi ke Puskesmas Boyolangu saja sesampai disana langsung menumpuk kartu berobat yang saya sudah punya ,sambil menunggu dipanggil saya mondar mandir di teras puskesmas karena hari senin pengunjung sangat ramai sekali tempat duduk penuh sekali 

Setelah sekian lama menunggu akhirnya dipanggil juga dan disuruh menunggu lagi..menunggu dan menunggu sangat menjemukan..hee ,karena lama menunggu saya penasan ketika ada seseorang yang masuk ke ruang perawatan gigi tanpa dipanggil
Saya jadi berpikir laiya fasien gigi itu kan tidak terlalu banyak kok saya tidak disuruh langsung masuk padahal orang itu sudah bisa langsung masuk kelihatanya lebih duluan saya dan kelihatanya ruang gigi sepi-sepi saja dari tadi

Setelah saya lihat fasien sebelum saya keluar agak lama saya kemudian masuk keruangan pemeriksa’an gigi tanpa dipanggil dan sesampai didalam ada ibu dokter yang langsung tanya”Bagaimana Pak? Saya jawab mau periksa gigi tambal dan membersihkan karang..

Bu dokter mana buku datanya? Saya bilang nggak tau kan buku merah muda kan biasanya dibawa kesini tobu sama suster pegawai puskesmas ..akhirnya saya disuruh lagi nunggu diluar ..sampai saya tunggu lama banget tidak dipanggil-panggil kira-kira jam setengah sebelas dipanggil di panggilan ruang umum 

Setelah saya masuk keruang panggilan pemeriksa’an umum bu dokter yang mengurusi data-data tersebut bertanya ada apa pak? Saya bilang tambal gigi dan bersihkan karang gigi..bu pegawai tersebut wah pak kok kesini jadi lama tadi langsung keruang gigi bisa cepat intinya begitu kata dia,sayapun jawab iya bu tadi saya udah kesitu ditolak karena belum  ada buku data yang dibawa keruangan pemeriksaan gigi

Ternyata eh ternyata suster yang biasa menumpuk data tersebut membawa data saya keruang pemeriksaan umum jadinya lama banget antrianya akhirnya,kemudian saya langsung pindah masuk lagi keruangan pemeriksaan gigi sambil membawa bendelan data yang berwarna merah muda sampulnya tersebut dan saya serahkan bu dokter akhirnya bu dokter baca datanya dan menyuruh saya merebahkan tubuh ditempat pemeriksaan gigi yang diatasnya ada lampunya tersebut

Hati berdebar debar bag malam pertama..hee..bukan debar-debar sama bu dokternya brow.hee tapi penasaran bagaimana rasan ya ditambal gigi yang yang bolong sakitkah? Saya pasrah saja ditempat yang penuh alat-alat aneh itu ada bor,catem dan  lainya..hee..

Setelah ibu dokter mendekat saya disuruh membuka mulut untuk diperiksa dengan alat dari logam yang di pukul-pukulkan ke gigi mungkin  melihat kekiuatan gigi yang bolong tersebut masih bisakah untuk ditambal..dan ibu dokter apa sering sakit giginya misalnya senut-senut saya bilang jarang bu,,hanya kadang-kadang saat sariawan saja..

Setelah itu bu dokter memasukan cairan dimasukan kegigi dengan alat yang dipegangnya kemudia menghidupkan mesin bor untuk membersihkan gigi yang bolong ngingg....suaranya agak bising ketelinga ketika bor itu dimainya kegigi saya rasanya tidak sakit Cuma ngilu olinu banget saja bu dokter tanya apa sakit saya bilang hanya ngilu saja dan bilan g kalau ngilu biasa asal nggak sakit berarti masih bisa ditambal..

Setelah beberapa menit bor  bu dokter bermain di gigi saya bu dokter memasukan seperti cairan lagi kegigi yang bolong mun gki anti infeksi sampai berkali kali dibersihkan dengan kapas juga dan akhirnya bu dokter memasukan tambalan gigi mungkin bentknya seperti kapur basa putih seperti stipo kali ya yang bisa mengering dimasukan dan ditata dengan alat yang ditanganya..sambil entah disengaja atau tidak badan ibu dokter mepet-mepet ditubuh samping saya..hee..

Kira-kira proses penambalan kira-kira 10 menit atau 15 menit lebih kira-kira dan ibu dokter bilang ini bisa langsung 2 pak gantin ya harus satu-satu dulu katanya banyak antrian padahal antrian Cuma satu dibelakang saya..pikir saya modus bu dokter ini..hee

Jadi harus satu-satu besuk satu kesini lagi itupun belum pembersihan karangnya pembersihan karangnya juga tidak bisa sekaligus satu hari jadi saya harus datang 3 x lagi untuk menyelesaikan pergigian saya ini...wah bu..bu..mungkin bu dokter ini kangen saya ane ingin bertemu dan bertemu lagi kaliye..hee

Setelah selesai penambalan saya duduk di kursi sambil menanti ibu dokter yang coret-coret kertas dan saya tanya berapa biayanya ? kata bu dokter biaya 30.000 pergigi dan untuk pembesihan karang gigi 60 ribu semuanya ..wah pikir saya kok mahal ya saya baru baca di web gratis dijogjakarta..saya tidak pakai Bpjs atau kis pasalnya ndak dapat dan tidak mengajukan,,tapi masih Alhamdulillah masih bisa ditambal saya mikir kalau didokter luar selain puskesmas bisa jutaan rupiah tambah 2 gigi dan pembersihan karang ..

Setelah semuanya selesai saya bayar kekasir dan  pulang sudah kira-kira jam 12 siang dan menggadekan kapan akan kepuskesmas lagi kan m asih 3 mainan lagi..

 Nah itulah artikel pengalaman tambal gigi saya dipuskesmas Boyolangu serta biayanya ditahun 2019 ini semoga bisa jadi referensi bagi Anda yang akan tambal gigi dan artikel ini akan kami sambung kalau udah ke puskesmas lagi untuk tambal ke 2 dan pembersihan karang.Mohon maaf atas kelebihan dan kekurangan serta khilaf

0 Komentar